Wednesday, April 15, 2015

Aplikasi Teknologi RFID dalam identifikasi kendaraan di SPBG

RFID Application :  Automatic Vehicle Identification for auto payment di Stasiun pengisian bahan bakar Gas.

BBG untuk kendaraan , juga dikenal dengan CNG (Compressed Natural Gas) atau Gas Alam Terkompresi yang diperoleh melalui proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan sebesar 200 s/d 275 BAR.  Komposisi gas metana (CH4) yang mempunyai fraksi yang lebih ringan dari udara, membuat CNG akan terlepas ke udara seketika, saat terjadi kebocoran sehingga relatih lebih aman dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak.

Penggunaan CNG sebagai bahan bakar, jauh lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak, hal ini disebabkan CNG menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak (1/3 kadar emisi BBM), selain itu dengan kandungan oktan (RON – Research Octane Number) sebesar 120, CNG juga mampu menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, sehingga mesin kendaraan lebih awet dengan perawatan yang efisien.

Kendaraan biasanya memakai converter kit dimana bisa menggunakan bahan bakar secara hybrid dengan perpindahan manual atau otomatis  menggunakan BBG atau BBM.

Aplikasi RFID kali ini adalah untuk mendeteksi secara otomatis mobil yang akan mengisi BBG dan mengolah data pada server database dan menerbitkan invoice tagihan pada perusahaan atau perorangan.

Tag yang digunakan harus relative murah karena tag ini akan ditempel pada kendaraan, kaca depan pengemudi, biasanya jenis stiker windshield atau variannya umum digunakan untuk hal ini, dengan catatan hindari kaca film yang mengandung konsentrat logam.

Jenis reader yang digunakan pada gerbang masuk adalah jenis long range dengan pemasangan mengikuti standard an derajat daripada datasheet hardware tersebut, sehingga posisi terbaik akan didapatkan secara optimum

Prosesnya sebagai berikut:
  • ·         Kendaraan masuk ke  SPBG melalui gerbang masuk dimana dipasang Long range RFID reader
  • ·   Long Range RFID reader membaca informasi pada tag yang ditempel pada kaca depan kendaraan (Automatic vehicle Identification)
  • ·         Long Range RFID reader menginformasikan pada server dan informasi ini juga terdisplay pada monitor masing2 island SPBG tersebut
  • ·   Petugas pengisian bahan bakar, memilih pada display monitor  plat nomor kendaraan yang muncul dan melakukan pengisian dengan jumlah yg sudah ditentukan customer
  • ·  Selesai pengisian, semua informasi dikirim ke server dan dicetak untuk diterbitkan surat penagihan ke perusahaan atau dibayarkan secara langsung.

Tag juga bisa berisi micro money atau micro point dimana dapat juga digunakan untuk pembayaran dengan system prepaid misalkan, sehingga proses pengisian bahan bakar lebih cepat, dengan langsung memotong isi micro money atau micro point pada tag.

Inovasi lain masih banyak terbuka dan dikembangkan untuk aplikasi sejenis ini.


Keuntungan system ini:
  • ·   Proses adminstrasi kendaraan lebih akurat, terutama untuk perusahaan kendaraan umum (taxi/bus) dimana membutuhkan perhitungan pemakaian bahan bakar (pengeluaran) dan pemasukan yang didapat.
  • ·         Proses pengisian bahan bakar menjadi lebih efektif dan akurat.
  • ·         Transaksi keuangan secara elektronik, ini lebih cepat dan banyak sisi positifnya



Informasi sumber:

No comments: